Artikel ini hampir sama dengan artikel sebelumnya,tetapi dengan berbeda cara
1. Perancangan Objek Perangkat Komputer dan Topologi
Pada
tahap awal ini sobat harus menyiapkan objek yang akan ditampilakan pada
layer Virtual AR (Augmented Reality), objek yang tersedia pada blog ini
akan ane berikan gratis, agan tinggal download link dibawah ini.
Beberapa perangkat komputer seperti PC, LAN Tester, Modem, Access Point,
dll
2. Pembuatan SDK QCAR Objek Perangkat (Marker)
Seluruh
bahan dalam pembuatan objek dilakukan dengan menggunakan aplikasi
Blender. Dibagi menjadi tiga kelompok marker yang pertama marker
Perangkat, Topologi, dan Minigame. Dalam marker perangkat terdapat
berbagai macam perangkat seperti Lan tester, Modem, PC, Hub, Switch, dan
Router, sedangkan pada marker topologi terdapat perangkat marker
topologi Bus, Ring, Star dan Mesh, dan pada marker Minigame terdapat
perangkat Marker Model jaringa Kabel dan Wireless. Pembuatan marker
dirancang menggunakan aplikasi Photoshop yang memudahkan dalam segi
desain.
3. Registrasi Marker di Vuforia
1. Buka alamat website resmi Vuforia (https://developer.vuforia.com/), selanjutnya klik Log in jika sudah punya akun. Jika belum memiliki akun silahkan daftar terlebih dahulu.
Gambar 1. 1 Masuk Web Resmi Vuforia
2. Isi form Log in sesuai dengan identitas email anda.
Gambar 1. 2 Tampilan Saat Log In Di Vuforia
3.
Pada jendela Vuforia Developer Portal, Pilih Develop -> Target
Manager-> Add Database. Jika ingin menambahkan Database marker yang
baru bias klik Add Database.
Gambar 1. 3 Tampilan Add Database
4. Isikan Nama Database-> pilih Type: Device -> dan Create.
Gambar 1. 4 Create Database baru
5. Database marker baru telah ditambahkan.
Gambar 1. 5 Tampilan Marker_Man
6.
Pada jendela Target Manager tepatnya pada Database Marker MAN
Target->Marker Man . Selanjutnya buat target marker baru dengan klik
Add Target.
Gambar 1. 6 Marker_Man Add Target
7.
Pilih Single Target sebagai marker gambar, dan browse file marker.JPG,
selanjutnya atur lebar/dimensi ukuran gambar untuk marker, dan terkhir
klik add.
Gambar 1. 7. Pengaturan Marker
8.
Setelah melakukan pengaturan marker, kembali pada jendela Add Target
dan terlihat marker Acces point sudah berhasil di unggah pada Database
marker. Semakin banyak bintang pada rating marker, maka kualitas gambar
semakin baik dan sedikit kemungkinan loss trackingnya. Selanjutnya
download Datasheet marker.
Gambar 1. 8 Tampilan Dari Marker Acces Point
9.
Download Datasheet marker. Dan pilih Unity Editor tujuaanya adalah
supaya package marker dapat diimport ke dalam Unity, selanjutnya
silahkan klik download.
Gambar 1. 9 Download Datasheet Marker
1. Perancangan Sistem Augmented Reality
1. Setelah semua bahan telah disiapkan jalankan aplikasi Unity3D dan buat project baru dengan cara klik "File->New Project" disini saya membuat project dengan nama "PC". Tentukan directory penyimpanan file Unity.
Gambar 1. 10 Create Project Baru Pada Unity
2. Lalu klik kanan pada bagian Assets. Import Package->Costum Package.
Gambar 1. 11 Import Package SDK Vuforia
3. Import Package SDK Vuforia yang kalian download tadi,
Gambar 1. 12 Browse Import Package dari Komputer
4. Delete Main Camera pada Unity.
Gambar 1. 13 Delete Main Camera
5. Lalu drag ARCamera dan ImageTarget,
Gambar 1. 14 Drag AR Camera dan Image Target
6. Klik kanan pada Assets, pilih Create > Folder dan beri nama Model.
Gambar 1. 15 Create Folder Model
7. Selanjutnya adalah tahap penyisipan Marker, yaitu dengan cara klik kanan pada Assets > Import Package > Costum Package > pilih marker (Marker_LAN) > Open,
Gambar 1. 16 Import Custom Package
8. Setelah disisipkan, load marker, klik ImageTarget pilih Marker disini namanya Marker_LAN.
Gambar 1. 17 Load Marker
9. Pada ARCamera beri ceklis pada Database Load Behaviour (Srcipt)
Gambar 1. 18 Mengaktifkan ARCamera
10. Atur posisi camera menjadi X=0 Y=0 Z=0,
Gambar 1. 19 Setting Posisi ARCamera
11. Setelah mengatur posisi ARCamera, sekarang atur Posisi ImageTarget X=0 Y=0 Z=0,
Gambar 1. 20 Setting Posisi ImageTarget
12. Drag objeknya ke dalam ImageTarget,
Gambar 1. 21 Setting Image Target
13. Setelah mengatur posisi ImageTarget, sekarang atur Posisi Model X=0 Y=0 Z=0 (Posisikan Model diatas ImageTarget)
Gambar 1. 22 Setting Posisi Model
14. Aktifkan serial number dari Vuforia.
Gambar 1. 23 Serial Number Vuforia
15. Aktifkan pada Aplikasi Unity yang telah dibuat.
Gambar 1. 24 Pengaktifan Serial Number di Unity
16. Hasil ARCamera saat dijalankan di Unity
Gambar 1. 25 Hasil Run ARCamera
A. AR Tool dan AR Topologi
Fitur
ini menyajikan AR Tool dan AR Topologi dalam visualisasi 3D, dan
dilengkapi dengan button info, port, dan putar yang digunakan untuk
melihat bagian tampak samping, dan belakang dari perangkat yang
ditampilkan.
1. Menu AR Tool dan AR Topologi
Gambar 1. 26 Background Menu AR Tool dan AR Topologi
Dalam
merancang menu AR, digunakan komponen gameobject Quad seperti pada
gambr 1 diatas. Selanjutnya pada kolom inspector aktifkan Mesh Renderer
yang berfungsi untuk menampilkan gambar background. Terdapat dua Button
pertama Button Perangkat dan kedua adalah button topologi.
2. Button AR Tool dan Topologi
Gambar 1. 27 Button perangkat dan Topologi
Button
Perangkat dan Topologi dirancang menggunakan Mesh collider dan Mesh
renderer. Kedua elemen tersebut berfungsi untuk menggambar objek dan
memudahkan dalam aksi klik saat user menekan button. Agar system dapat
mengenali apakah user memilih menu perangkat atau topologi, maka
diberikan program kami beri nama “Choose” (dapat didownload pada tautan
web ini).
var isA=true; var camPos:CamPos; function Start () { camPos=GameObject.Find("UICam").GetComponent(CamPos); } function OnMouseUp () { if(isA==true){ camPos.isTool=true; camPos.PickTool();} else{ camPos.isTool=false; camPos.PickTopo(); } GameObject.Find("UICam").transform.position.y=500; KuisSoal.audio.Play(); } |
3. AR Tool
AR Tool saat dijalankan pada perangkat mobile.
Gambar 1. 28 AR Tool Access Point
4. Perancangan Button (Info, Port, dan Putar)
Button
dirancang menggunakan gameobject yang bernama Rotbtn dimana, didalam
gameobject tersebut ada empat gameobject lainnya seperti gameobject
info, port, putar dan keluar. Dimana pembuatannya menggunakan Quad pada
kolom hierarchy. Dan diberikan program “Rot” agar system dapat mengenali
pilihan dari user.
#pragma strict public var press=false; function Start () { } function OnMouseDown () { press=true; } function OnMouseUp () { press=false; } |
Agar
Button dapat tampil menggunakan texture warna biru dan menampilkan
informasi maka sesuai info perangkat maka buat program baru yang bernama
“RotThis” untuk menyimpan semua elemen button.
Berikut potongan program dari elemen button.!
#pragma strict var rot:Rot; var mesh:GameObject; var camPos:CamPos; var isTool=false; var isShow=false; var Menu:GameObject; var Info:GameObject; var txt:Texture; var txt2:Texture; var infoPort:GameObject; public var isPort=false; function Start () { //Menu=GameObject.Find("RotBtn"); //rot=GameObject.Find("RotBtn").GetComponent(Rot); rot=Menu.GetComponent(Rot); camPos=GameObject.Find("UICam").GetComponent(CamPos); Info=GameObject.Find("InfoObject"); } function showMenu(){ isShow=true; Menu.transform.position.y=499.75; //Info.renderer.material.mainTexture=txt; } function hideMenu(){ isShow=false; Menu.transform.position.y=1500; Info.renderer.enabled=false; } |
Gambar 1. 30 Elemen Button AR Perangkat
Elemen
Button meliputi yang ditunjuk pada gambar nomor 3. Meliputi Texture
button, komponen dari Object Hub -> Mesh, Info Port dll.
5. AR Topologi
AR Topologi saat dijalankan pada perangkat mobile.
Gambar 1. 31 AR Topologi Ring
6. Perancangan Button (Info, Port, Karakteristik, +, - dan Putar)
Gambar 1. 32 Button pada AR Topologi
Sama
seperti pada Button AR Tool hanya saja pada Button AR Topologi ditambah
button karakteristik, kekurangan dan kelebiha. dirancang menggunakan
gameobject yang bernama Rotbtn dimana, didalam gameobject tersebut ada
empat gameobject lainnya seperti gameobject info, port, putar dan
keluar. Dimana pembuatannya menggunakan Quad pada kolom hierarchy. Dan
diberikan program “Rot” agar system dapat mengenali pilihan dari user.
Pada Button Topologi elemen texture disimpan pada gameobject Topo
7. Perancangan Button (Info, Port, dan Putar)
Gambar 1. 33 Button Ar Topologi
Masing
masing perangkat jaringan memiliki gameobject yang mengintegrasikan
dari button button topologi yang digabungkan dalam gameobject
topoRingBTN sebagai contohnya
5. Implementasi Pada Perangkat Mobile
Sebelum Build Up aplikasi ke Android ada baiknya menambahkan “Add Current”
seperti pada gambar 1.34 hal ini dimaksudkan menambahkan Screne baru
pada proyek pembuatan Ar. Selain itu juga memudahkan untuk reload file
model ketika membuka Proyek file baru. Setelah selesai menambahkan Add
Current, selanjutnya mengatur Player Setting.
Gambar 1. 34 Build Up sistem
Pada
gambar 1.34 menampilkan konfigurasi layar, layar dapat diatur
Orientasinya sesuai dengan keingan, gambar 1.34 (2) menampilkan
konfigurasi tentang Grapich API yang digunakan, lalu menentukan pilihan
minimum dari API level dalam hal ini OS Android, dan Device Filter
adalam jenis Prosesor dari perangkat mobilnya, dan gambar 1.34 (3)
menambahkan icon pada aplikasi.
Gambar 1. 35 Build Up Sistem
jika sudah selesai selanjutnya pilih “Build”, dan akan muncul Proses Build seperti gambar 1.36